Sabtu, 02 Mei 2009

ACUAN KURIKULUM PENDIDIKAN KESETARAAN

Oleh. Dra. Prastiwi Budi S

Pengertian

o Pendidikan paket A B C sebagai bagian dari pendidikan nonformal yang ditujukan bagi peserta didik dari masyarakat:

n Kurang beruntung

n Tidak sekolah

n Putus sekolah

n Putus lanjut

n Usia produktif untuk peningkatan kecakapan hidup

n Masyarakat lainnya

Fungsi dan tujuan paket B

o Membentuk warga negara yang beriman, berkarakter dan bermartabat

o meningkatkan kemampuan literacy dan numeracy (3R, membaca – menulis – berhitung)

o Meningkatkan pengalaman belajar mandiri, kreatif dan produktif

o Meningkatkan kecakapan hidup untuk bekerja (keterampilan profesional), usaha mandiri

o Mengikuti pendidikan lanjutan

Kecakapan hidup (life skills)

o Kecakapan personal (kepribadian)

n Keimanan dan akhlak mulia

o Kecakapan sosial (berinteraksi)

n Bekerjasama dan tanggung jawab bersama

o Kecakapan intelektual (pengetahuan dan keterampilan)

n berpengetahuan, bersikap dan bertindak ilmiah

o Kecakapan vokasional (kejuruan dan keterampilan fungsional)

n Kejuruan seperti tenaga teknisi, tenaga IT, …

n Fungsional seperti tenaga terampil umum, wira usaha

Struktur kurikulum paket B

o Isi kurikulum paket B adalah setara dengan kurikulum untuk SMP

o Kurikulum paket B terdiri mata pelajaran berorientasi:

n Akademik yang menekankan penguasaan pengetahuan (60%)

n Kecakapan hidup yang menekankan pada keterampilan dan kepribadian fungsional (40%)

o Kurikulum disusun untuk pembelajaran tutorial, mandiri, ataupun moduler

o Penetapan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dan beban belajar selama satu tahun dapat disesuaikan dengan potensi daerah, kondisi peserta didik, dan budaya daerah

Mata pelajaran berorientasi akademik

o Pendidikan Agama

n Keimanan, ketakwaan, dan berakhlak mulia

o Pendidikan Kewarganegaraan

n Memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air

o Bahasa dan Sastra Indonesia

n Membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara logis

o Bahasa Inggris

n Menekankan kemampuan berkomunikasi dalam mengakses informasi, melakukan hubungan interpersonal dalam budaya global

o Matematika

n Berhitung dan berkomunikasi dengan angka

o Ilmu Pengetahuan Sosial

n Meliputi ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi yang harus disajikan secara terpadu dengan potensi lokal

o Ilmu Pengetahuan Alam

n Meliputi fisika, kimia, dan biologi yang harus disajikan secara terpadu dengan potensi lokal

Mata pelajaran berorientasi kecakapan hidup

o Kesenian

n Mengapresiasi seni dan budaya dan disesuaikan dengan potensi lokal

o Pendidikan jasmani

n Pembiasaan aktifitas fisik untuk hidup sehat

o Kerumahtanggaan

o Ekonomi lokal

o Keterampilan bermatapencaharian/ muatan lokal

o Teknologi informasi dan komunikasi

o Etika bekerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar