PUSKUD UNICEF ADMIN ANEKA ILMU E-DUKASI JARDIKNAS

Sekapur Sirih

Para pengunjung blog yang budiman, masa waktu dua belas bulan dalam tahun 2008 usai sudah telah kita lewati. Tak terasa, kini kita telah memasuki masa waktu yang baru di tahun 2009. Jika kita merenungi masa pada tahun 2008, maka nampak dalam benak kita suatu pertanyaan, prestasi apa yang telah kita capai pada saat itu? idealnya, tentu pertanyaan itu akan timbul kembali pada benak kita, apa pula prestasi yang akan kita raih pada tahun 2009 ini?

Sungguh pertanyaan-pertanyaan itu mengandung nilai-nilai motivasi. Adalah suatu nilai-nilai yang tersirat didalamnya menuju pada sebuah kata kunci “perubahan“. Perubahan ini kita konotasikan dengan kemajuan dalam alam lingkungan kehidupan. Dengan demikian, sasaran akhirnya adalah bagaimana mengisi trend kondisi dinamika yang lagi berkembang. Ini berarti merangsang kita untuk menciptakan suatu gebrakan “selangkah lebih maju“ dalam fenomena kehidupan ini.

Itulah yang mengilhami cara dan gaya berpikir PUSKAPLING dan SDN 1 Tilote yang ada di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Pada tahun ini, tepatnya pada tanggan 12 bulan Januari 2009, PUSKAPLING bersama SDN 1 Tilote telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), tentang Kerja Sama Penerapan Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK).

Semangat dan itikad kedua belah pihak ini, membuktikan, bahwa wujud keberadaan PUSKAPLING adalah sebuah cermin LSM yang tidak hanya mahir dalam memainkan kritik terhadap kebijakan yang ada. Namun dihadapan pemerintah, posisi PUSKAPLING disamping sebagai lembaga sosial kontrol kebijakan Pemerintah, sekaligus menjadi bentuk keterwakilan peran masyarakat.

Bentuk keterwakilan itu, adalah suatu keterwakilan yang memiliki kemampuan peran dalam memberikan sentuhan konsep berpikir untuk maju dan berkembang. Dengan demikian, eksistensi PUSKAPLING tidak hanya menjadi lembaga sosial kontrol semata, melainkan sebagai mitra Pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Oleh karena itu, konsep berpikir ini, jelas merupakan relevansi dari sikap menuju suatu perubahan selangkah lebih maju. Yaitu suatu sikap pembentuk prilaku yang respect terhadap trend kondisi dinamika teknologi, informasi, dan komunikasi yang lagi berkembang. Inilah yang mewarnai semangat cara dan gaya berpikir pihak manajemen SDN 1 Tilote.

Manajemen SDN 1 Tilote dalam menyikapi trend kondisi dinamika teknologi, informasi, dan komunikasi yang lagi berkembang itu, telah membuka diri terhadap kehadiran PUSKAPLING. Kehadiran PUSKAPLING bagi SDN 1 Tilote, dipercayakan dan diharapkan dapat menggenjot sumber daya manusia dari para anak didiknya, khususnya dibidang penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK).

Memperhatikan konsep berpikir dari PUSKAPLING dan prilaku manajemen SDN 1 Tilote yag senantiasa membuka diri itu, dapat disimpulkan inilah model kemitraan yang diharapkan dalam pendidikan. Karena hal itu merupakan nafas dari implementasi Pasal 8, 9, dan 10 sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.


SADIK GANI, SE

Information and Communication Technologi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), begitulah terjemahan dari INFORMATION and COMMUNICATION TECHNOLOGI (ICT). Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah deretan tiga suku kata yang saat ini lagi akrab dibibir orang, khususnya di lingkungan pendidikan atau kelompok birokrasi, bahkan belakangan ini, juga termasuk golongan-golongan masyarakat tertentu.

Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.

Sebagai bukti yang logis dari kekuatan-kekuatan itu, yakni disadari atau tidak, bahwa aktivitas yang sedang berlangsung dilakukan manusia saat ini, pada hakikatnya adalah mengelola informasi yang diterima sebelumnya. Disadari atau tidak pula, bahwa keberadaan informasi itu sendiri lahir karena adanya komunikasi. Demikian pula terhadap komunikasi, itu dapat terjadi karena tidak lepas dari media (teknologi) sebagai alat pengantar maksud dan tujuan.

Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC di SDN 1 Tilote adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena informasi komunikasi dan teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.

Sedangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah identik dengan ilmu pengetahuan. Yaitu teknologi tentang informasi dan teknologi tentang komunikasi. Karena itu pula, teknologi informasi dan komunikasi tidak terbatas pada pengetahuan saja, tetapi justru berada pada level garapan sebuah studi “ilmu pengetahuan”. Dengan sendirinya, untuk menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi, tidak semudah kita nonton televisi, dengar radio, ataupun baca koran. Melainkan diperoleh hanya melalui teori dan praktek pendidikan tertentu saja.

Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.

Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT SDN 1 Tilote telah memiliki TAKTIK. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Muhajirin AHM

Selasa, 17 Februari 2009

Internet di SD Memang Sudah Zamannya - Ester Lince N

Jangan heran jika melihat anak-anak sekolah dasar di Singapura tidak
canggung memanfaatkan komputer atau laptop, telepon seluler, internet,
whiteboard interaktif, hingga peralatan canggih laboratorium. Maklum,
dalam pembelajaran sehari-hari mereka sudah memanfaatkan secara
optimal teknologi informasi dan komunikasi. Penerapan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) bukan untuk memperumit pembelajaran.
Justru pelajaran-pelajaran yang sulit atau susah menjadi mudah,
menarik, dan menyenangkan bagi siswa.

Melalui pemanfaatan TIK, misalnya, disajikan game, suara, dan animasi
sehingga siswa mudah mengerti materi pelajaran.

Perkembangan TIK yang diyakini akan mentransformasi proses belajar dan
mengajar di sekolah masa depan inilah yang mewarnai pelaksanaan
International Conference on Educational and Technology (ICET) 2007 di
Singapura, 21-22 November lalu.

Chang Hwee Nee, Wakil Sekretaris Bidang Kebijakan, Kementerian
Pendidikan Singapura, mengatakan, dalam kaitannya dengan pendidikan,
perkembangan TIK seharusnya mampu mendorong guru untuk memanfaatkan
TIK. Bukan cuma game, tetapi blog yang dijuluki sebagai buku tulis
harian online, mailing list, juga dimanfaatkan optimal sehingga proses
belajar menjadi lebih interaktif.

---
[rr] semoga para warnetters mulai memikirkan untuk memasukkan program
community dev di warnetnya... mulailah dari hal hal yang sederhana dan
gratis... seperti mailing list yahoo, google search engine gratis,
email gratis, chatting gratis... blogger gratis utk menjadi produsen
informasi...

ini adalah trend masa depan yang juga kami sampaikan di makalah kami
di ITU Bali yang berlangsung minggu lalu... hari ini dimulai summit
besar di Bali mengenai pemanasan global... semoga memberikan hasil
yang win win baik bagi negara berkembang maupun negara maju untuk
memperlambat trend pemanasan global ini ?

salam,
---
"Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi akan mengubah proses
belajar dan mengajar di sekolah ke arah pendidikan yang mendorong
inovasi dan eksperimen. Hal ini memerlukan komitmen kuat dari guru
untuk memanfaatkan teknologi, baik hardware, software, maupun
e-learning untuk membuat belajar jadi mudah bagi siswa," kata Chang
Hwee Nee dalam pembukaan ICET Ke-4 yang diikuti sekitar 1.200 peserta
dan 40 perusahaan TIK untuk pendidikan.

Chang mengatakan, Pemerintah Singapura mendorong penggunaan TIK secara
nasional.

Rencana induk pemanfaatan TIK untuk pendidikan pertama yang dibuat
tahun 1997 yang menekankan pada ketersediaan infrastruktur TIK telah
diubah. Rencana induk kedua mulai tahun 2002 diarahkan guna
memaksimalkan teknologi di era digital untuk membuat Singapura menjadi
bangsa cerdas yang disebut Intelligent Nation by 2015 (IN2015).

Sekolah masa depan

Berdasarkan survei Badan Pengembangan Informasi dan Komunikasi
Singapura (Infocomm Development Authority/IDA of Singapore) tahun
lalu, 78 persen keluarga di negara ini memiliki minimal satu komputer,
umumnya mereka yang memiliki anak usia sekolah. Penggunaan internet
untuk aktivitas pendidikan dan belajar juga cukup tinggi.

Kemudahan mengakses internet di ruang publik cukup didukung. Agustus
2007 ini tercatat 5.600 hotspot yang melayani 520.000 pelanggan
internet di Singapura.

Ronnie Tay, Kepala Badan Pengembangan Informasi dan Komunikasi
Singapura, mengatakan, pemanfaatan TIK dalam pendidikan membuat siswa
belajar secara mandiri. Mereka selama ini terbiasa mengekspresikan
diri dengan menggunakan blog, foto, maupun video di situs web yang
menyediakan layanan ini. Akhirnya, peran guru pun lebih banyak sebagai
fasilitator yang mendorong siswa terus kreatif dengan memanfaatkan
media digital yang interaktif.

Pemerintah Singapura juga sudah membentuk model sekolah masa depan
atau future school salah satunya adalah Classroom of The Future di
National Institute Education.

"Mengenalkan anak-anak dengan lingkungan digital yang baru berkembang
berarti kita menyiapkan mereka masuk ke dunia masa depan dan
berkontribusi di dunia yang akan semakin bergantung pada teknologi,"
kata Ronnie Tay.

"Software" Indonesia

Di tengah canggihnya kemajuan TIK di bidang pendidikan di Singapura
dan negara-negara lain, ternyata Indonesia juga tetap mampu
berkontribusi untuk mentransformasi pendidikan di dalam kelas.

Perusahaan software pendidikan Indonesia yang mampu bersaing dengan
perusahaan TIK bidang pendidikan dari negara-negara lain tersebut
adalah PT Pesona Edukasi atau orang asing mengenalnya sebagai
AmazingEdu. Perusahaan ini mampu menciptakan software pendidikan
fisika dan matematika dengan kekuatan animasi.

Sayangnya, penghargaan negara lain terhadap software Amazing Physics
dan Amazing Mathematics produksi Indonesia ini belum mendapat
perhatian yang luas dari dalam negeri, termasuk pemerintah. "Kami
berjuang sendiri mengembangkan software yang memudahkan guru
mengajarkan Fisika dan Matematika yang rumit di kelas karena concern
kami kepada pendidikan," kata Hary Sudiyono Candra, Direktur PT Pesona
Edukasi.

Perusahaan ini sudah berkecimpung dalam pengembangan software
pendidikan sejak tahun 1986. Sejumlah penghargaan internasional juga
diraih. Dengan sajian animasi yang menarik dan pembelajaran
interaktif, software ini sudah dipakai di 22 negara dan 1.500 sekolah
di Indonesia.

"Tantangan dari pemanfaatan TIK di pendidikan ini justru bagaimana
membuat materi pelajaran di sekolah yang susah dan tidak disenangi
siswa menjadi menarik. Departemen Pendidikan seharusnya menekankan
pemanfaatan TIK di Indonesia itu ke arah content sehingga siswa
Indonesia menemukan kegembiraan dalam belajar," kata Hary.

Penggunaan ICT untuk pendidikan, kata Hary, bukanlah memindahkan teks
buku ke internet atau media lain. Justru yang harus dilakukan
bagaimana membuat materi pelajaran itu sangat mudah dicerna. Ini bisa
mudah dikembangkan dengan menggunakan animasi yang benar-benar bisa
disenangi dan dipahami siswa.

Perangkat lunak ini, misalnya, bisa menjelaskan gaya gravitasi dengan
sajian animasi helikopter yang hendak terbang dan suara desing
baling-baling.

Peranti lunak fisika dan matematika ini dipakai secara berlangganan
untuk sekolah-sekolah dalam kurun waktu tertentu. Douglas Osheroff,
peraih Nobel Fisika tahun 1996 dari Amerika Serikat, menyatakan
kekagumannya dengan isi software fisika yang dilihatnya. Software ini
dibeli Osheroff saat berkunjung ke Indonesia tahun 2005 dan memakainya
di Universitas Stanford, Amerika Serikat.

Jadi sayang kalau semua fasilitas dan potensi yang ada
tidakdimanfaatkan optimal. Kini, memang sudah zamannya siswa SD akrab
dengan internet dan TIK.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Setuju... belajar Internet di SD harus sudah dimulai sejak dini...

Mas Rakat...

Silabus Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sekolah Dasar

Download Prediksi Soal Ujian Akhir Nasional (UAN) SD di Internet

Artikel singkat ini tentu saja akan berguna bagi para guru Sekolah Dasar (SD) yang sibuk mempersiapkan para siswanya menghadapi Ujian Akhir Nasional (UAN). Redaksi berkesempatan mengumpulkan link download soal-soal Ujian Akhir Nasional SD dari beberapa sumber, diantaranya dari Lembaga Bimbingan Belajar SSC (Sony Sugema College) dan beberapa sumber yang lain. Berikut ini daftar link download tersebut :

Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersusah payah meng-upload file tersebut ke Internet. Semoga bermanfaat!

Belajar Bahasa Inggris Online

With the advance of information and technology, especially internet, the access to study English is open online widely. This is very helpful to develop our English competency. There are many internet sites providing English learning pages, and many of them are free of charges. Some sites that I collected from various sources.

Dengan kemajuan IT sekarang ini, terbuka dengan sangat lebar bagi kita untuk belajar bahasa Inggris secara on-line. Ini sangat membantu kita meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Terdapat banyak sekali situs situs yang menyediakan halaman-halaman pembelajaran bahasa Inggris, dan tidak sedikit diantaranya gratis.

silahkan klik link berikut ini :

ESL go Bell English Online English @ home English for Free ENGLISHonline.net Self-Study Quizzes for ESL Students (English Tests) ESL PartyLand–quiz center English Language Quizzes - UsingEnglish.com ESL test: English Grammar Tenses / Esl quiz Super Quiz Machine for ESL Students (English Test) ESL Quizzes,grammar quiz, ESL grammar quiz,Upper Intermediate Irregular Verbs - Spelling Quiz E. L. Easton - English - Exercises, Quizzes, Tests English Grammar for ESL Learners Grammar Activities (Ohio ESL) ESL - English Exercises and Quizzes English Grammar: Present Continuous Tense Quiz EnglishClub.com) English as a Second Language - Tenses Quiz English Language Quizzes - UsingEnglish.com ESL test: English Grammar Tenses / Esl quiz Learn English English Exercises Online! (by Lilliam Hurst) O N L I N E E X E R C I S E S - Grammar English Grammar Exercises Business English Lessons English Exercise - English Exercises E. L. Easton - English - Exercises, Quizzes, Tests

Tenses Quiz From English Page dot com

  1. Verb Tense Exercise 1 Simple Present and Present Continuous
  2. Verb Tense Exercise 2 Simple Present and Present Continuous
  3. Verb Tense Exercise 3 Simple Past and Past Continuous
  4. Verb Tense Exercise 4 Simple Past and Past Continuous
  5. Verb Tense Exercise 5 Simple Past and Present Perfect
  6. Verb Tense Exercise 6 Simple Past and Present Perfect
  7. Verb Tense Exercise 7 Present Perfect and Present Perfect Continuous
  8. Verb Tense Exercise 8 Present Perfect and Present Perfect Continuous
  9. Verb Tense Exercise 9 Present Continuous and Present Perfect Continuous
  10. Verb Tense Exercise 10 Present Continuous and Present Perfect Continuous
  11. Verb Tense Exercise 11 Simple Past and Past Perfect
  12. Verb Tense Exercise 12 Simple Past, Present Perfect, and Past Perfect
  13. Verb Tense Exercise 13 Past Perfect and Past Perfect Continuous
  14. Verb Tense Exercise 14 Present Perfect, Past Perfect, Present Perfect Continuous,
  15. Verb Tense Exercise 15 Tenses with durations
  16. Verb Tense Exercise 16 Present and Past Tenses with Non-Continuous Verbs
  17. Verb Tense Exercise 17 Present and Past Tense Review
  18. Verb Tense Exercise 18 Will and Be Going to
  19. Verb Tense Exercise 19 Will and Be Going to
  20. Verb Tense Exercise 20 Will and Be Going to
  21. Verb Tense Exercise 21 Simple Present and Simple Future
  22. Verb Tense Exercise 22 Simple Present and Simple Future
  23. Verb Tense Exercise 23 Simple Future and Future Continuous
  24. Verb Tense Exercise 24 Simple Present, Simple Future, Present Continuous, and Future Continuous
  25. Verb Tense Exercise 25 Future Perfect and Future Perfect Continuous
  26. Verb Tense Exercise 26 Future Perfect and Future Perfect Continuous
  27. Verb Tense Exercise 27 Future Perfect and Future Perfect Continuous
  28. Verb Tense Exercise 28 Future Perfect and Future Perfect Continuous
  29. Verb Tense Final Test Cumulative Verb Tense Review
  30. Verb Tense Practice Test Cumulative Verb Tense Review
  31. Verb Tense Exercise 1
  32. Verb Tense Exercise 2
  33. Verb Tense Exercise 3
  34. Verb Tense Exercise 4
  35. Verb Tense Exercise 5
  36. Verb Tense Exercise 6
  37. Verb Tense Exercise 7
  38. Verb Tense Exercise 8
  39. Verb Tense Exercise 9
  40. Verb Tense Exercise 10
  41. Verb Tense Exercise 11
  42. Verb Tense Exercise 12
  43. Verb Tense Exercise 13
  44. Verb Tense Exercise 14
  45. Verb Tense Exercise 15
  46. Verb Tense Exercise 16
  47. Verb Tense Exercise 17
  48. Verb Tense Exercise 18
  49. Verb Tense Exercise 19
  50. Verb Tense Exercise 20
  51. Verb Tense Exercise 21
  52. Verb Tense Exercise 22
  53. Verb Tense Exercise 23
  54. Verb Tense Exercise 24
  55. Verb Tense Exercise 25
  56. Verb Tense Exercise 26
  57. Verb Tense Exercise 27
  58. Verb Tense Exercise 28
  59. Verb Tense Final Test
  60. Verb Tense Practice Test

Open Source Popular:

Slackware Linux 12.2
Slackware Linux 12.2
Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex
Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex
Mandiva Linux 2009.0
Mandiva Linux 2009.0
CentOS 5.2
CentOS 5.2
Gentoo 2008.0R1 'It's got what plants crave'
Gentoo 2008.0R1 'It's got what plants crave'
openSUSE 11.1
openSUSE 11.1
Fedora 10 'Cambridge'
Fedora 10 'Cambridge'
Debian GNU/Linux 4.0 'Etch'
Debian GNU/Linux  4.0 'Etch'
FreeBSD 7.1 Release
FreeBSD 7.1 Release
Sabayon Linux 4r1
Sabayon Linux 4r1
PCLinuxOS 2007 Live/Install-CD
PCLinuxOS 2007 Live/Install-CD
Kubuntu 8.10 Intrepid IBex
Kubuntu 8.10 Intrepid IBex

Most Read Article