Oleh. Dra. Prastiwi Budi S
Pengertian
o Pendidikan paket A B C sebagai bagian dari pendidikan nonformal yang ditujukan bagi peserta didik dari masyarakat:
n Kurang beruntung
n Tidak sekolah
n Putus sekolah
n Putus lanjut
n Usia produktif untuk peningkatan kecakapan hidup
n Masyarakat lainnya
Fungsi dan tujuan paket B
o Membentuk warga negara yang beriman, berkarakter dan bermartabat
o meningkatkan kemampuan literacy dan numeracy (3R, membaca – menulis – berhitung)
o Meningkatkan pengalaman belajar mandiri, kreatif dan produktif
o Meningkatkan kecakapan hidup untuk bekerja (keterampilan profesional), usaha mandiri
o Mengikuti pendidikan lanjutan
Kecakapan hidup (life skills)
o Kecakapan personal (kepribadian)
n Keimanan dan akhlak mulia
o Kecakapan sosial (berinteraksi)
n Bekerjasama dan tanggung jawab bersama
o Kecakapan intelektual (pengetahuan dan keterampilan)
n berpengetahuan, bersikap dan bertindak ilmiah
o Kecakapan vokasional (kejuruan dan keterampilan fungsional)
n Kejuruan seperti tenaga teknisi, tenaga IT, …
n Fungsional seperti tenaga terampil umum, wira usaha
Struktur kurikulum paket B
o Isi kurikulum paket B adalah setara dengan kurikulum untuk SMP
o Kurikulum paket B terdiri mata pelajaran berorientasi:
n Akademik yang menekankan penguasaan pengetahuan (60%)
n Kecakapan hidup yang menekankan pada keterampilan dan kepribadian fungsional (40%)
o Kurikulum disusun untuk pembelajaran tutorial, mandiri, ataupun moduler
o Penetapan alokasi waktu untuk setiap mata pelajaran dan beban belajar selama satu tahun dapat disesuaikan dengan potensi daerah, kondisi peserta didik, dan budaya daerah
Mata pelajaran berorientasi akademik
o Pendidikan Agama
n Keimanan, ketakwaan, dan berakhlak mulia
o Pendidikan Kewarganegaraan
n Memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air
o Bahasa dan Sastra Indonesia
n Membaca dan menulis untuk berkomunikasi secara logis
o Bahasa Inggris
n Menekankan kemampuan berkomunikasi dalam mengakses informasi, melakukan hubungan interpersonal dalam budaya global
o Matematika
n Berhitung dan berkomunikasi dengan angka
o Ilmu Pengetahuan Sosial
n Meliputi ekonomi, geografi, sejarah, dan sosiologi yang harus disajikan secara terpadu dengan potensi lokal
o Ilmu Pengetahuan Alam
n Meliputi fisika, kimia, dan biologi yang harus disajikan secara terpadu dengan potensi lokal
Mata pelajaran berorientasi kecakapan hidup
o Kesenian
n Mengapresiasi seni dan budaya dan disesuaikan dengan potensi lokal
o Pendidikan jasmani
n Pembiasaan aktifitas fisik untuk hidup sehat
o Kerumahtanggaan
o Ekonomi lokal
o Keterampilan bermatapencaharian/ muatan lokal
o Teknologi informasi dan komunikasi
o Etika bekerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar