PENDIDIKAN, semua orang tahu betapa pentingnya pendidikan bagi siapa saja yang ingin sukses dan berhasil dalam hidupnya. Pernahkah kalian menemukan orang yang sukses tanpa pernah menjalani dan mendapat pendidikan? Tentu tidak bukan. Namun saangnya sekarang ini tujuan pendidikan yang tadinya ingin mencetak orang-orang terpelajar dan cerdas otak dan akhlaknya telah diwarnai dengan noda sehingga output yang dihasilan adalah keberhasilan imitasi alias palsu. Kelihatannya saja berhasil tetapi pada dasarnya gagal, bahkan dalam banyak hal.
Sudah menjadi rahasia umum fakta-fakta di balik keberhasilan UAN. Seperti yang kita ketahui, rata-rata siswa lulus bahkan dengan nilai yang tinggi. Dan hal ini kadang mejadi aneh karena pada waktu try out banyak yang tidak lulus. Apa yang terjadi? Apakah mungkin seorang anak bisa menjadi sangat pintar dalam selang waktu yang sangat singkat yang tadinya saat try out mendapat nilai 2 dan saat UN mendapat nilai 8.
Ternyata berdasarkan informasi yang dilaporkan seorang pengirim SMS di Koran beberapa waktu yang lalu memang ada terjadi kecurangan dalam UN, di mana para siswa mendapat bantuan baik dari joki ataupun guru yang memberikan jawaban. Lucu sekali karena selama 3 tahun belajar, baik siswa maupun guru yang bersangkutan tidak memiliki kemampuan sesuai yang diharapkan, mereka lulus bukan karena kemampuan dan kepintaran yang mereka miliki melainkan karena bantuan pihak ketiga. Tidak adil memang bagi siswa yang benar-benar belajar dengan sungguh-sungguh jika melihat kenyataan temannya yang memang tidak pandai mendapat nilai tinggi sama seperti dirinya.
Sekarang ini pemerintah terus meningkatkan standar kelulusan, dan ini sepertinya akan terus ditingkatkan samapi pemerintah mendapatkan standar kelulusan yang diinginkan. Menghadapi kenyataan ini para siswa dan guru tentunya semakin merasa terbebani. Dan bagaimanapun seringnya unjuk rasa dan penolakan yang dilakukan tidak akan menyurutkan niat pemerintah tersebut. Tentu saja pemerintah tidak mempedulikan keberatan pihak-pihak yang berunjuk rasa karena pada kenyataannya nilai-nilai siswa selalu tinggi dalam 2 tahun terakhir ini.
Seandainya semua orang mau jujur dengan melaksanakan UN tanpa ada kecurangan bantuan dari pihak ketiga, sehingga nilai yang keluar nanti menggambarkan keadaan yang sebenarnya tentu pemerintah tidak akan tinggal diam. Kita tidak perlu malu mengakui kalau di daerah kita tingkat pendidikan masih di bawah standar, dengan begitu kita dapat memikirkan langkah apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan mutu standar pendidikan. Pemerintah pun tentu tidak akan tinggal diam, tentu aka nada usaha dari mereka untuk mensejajarkan mutu pendidikan kita dengan pemerintah pusat di daerah Jakarta. Apakah tindak lanjutnya dnegan meningkatkan mutu pendidikan guru dan meningkatkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh sekolah. Kalau pemerintah sendiri selalu dikelabui dengan nilai UN yang tinggi, mana mereka tahu kalau sebenarnya kita masih tertinggal.
Sayangnya tidak semua menyadari akan hal itu, orang lebih senang diakui sederejat dengan yang lain meski harus mendustakan dan menipu. Dibalik itu semua, perlu dipertanyakan keprofesionalan dan kompetennya seorang guru, bukannya sudah mendapat sertifikasi ? tetapi melakukan kecurangan, di mana rasa malunya. Menolong orang itu bagus, tetapi dalam hal kebathilan akan menjadi dosa. Sudah menjadi tugas guru mendidik siswa menjadi orang yang cerdas dan berilmu, tetapi dengan kecurangan UN di akhir tahun sekolah mereka haruskah kita menjadikan para siswa manusia yang bermental pengemis dan penipu. Saatnya kita semua merenungkan dan memikirkan jalan keluar terhadap masalah UN yang penuh dengan kecurangan ini. Negara ini tidak akan pernah maju kalau generasi penerusnya adalah seorang penipu.
Meskipun tidak semua sekolah melakukan kecurangan, mari kita semua saling mengingatkan demi kebaikan. Rezeki datangnya tidak dari selembar kertas, tetapi dari Allah SWT, siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan mendapatkan apa yang diinginkan. Jangan marah pada saya yang menuliskan masalah ini, semata-mata tujuan saya hanya untuk merubah tradisi yang nyeleneh. Wata’awanu ‘alal birri wat taqwa, wa laa ta’awanu ‘alal itsmi wal ‘udwaan.
Sumber : http://tik19.blogspot.com/
Sekapur Sirih
Para pengunjung blog yang budiman, masa waktu dua belas bulan dalam tahun 2008 usai sudah telah kita lewati. Tak terasa, kini kita telah memasuki masa waktu yang baru di tahun 2009. Jika kita merenungi masa pada tahun 2008, maka nampak dalam benak kita suatu pertanyaan, prestasi apa yang telah kita capai pada saat itu? idealnya, tentu pertanyaan itu akan timbul kembali pada benak kita, apa pula prestasi yang akan kita raih pada tahun 2009 ini?
Sungguh pertanyaan-pertanyaan itu mengandung nilai-nilai motivasi. Adalah suatu nilai-nilai yang tersirat didalamnya menuju pada sebuah kata kunci “perubahan“. Perubahan ini kita konotasikan dengan kemajuan dalam alam lingkungan kehidupan. Dengan demikian, sasaran akhirnya adalah bagaimana mengisi trend kondisi dinamika yang lagi berkembang. Ini berarti merangsang kita untuk menciptakan suatu gebrakan “selangkah lebih maju“ dalam fenomena kehidupan ini.
Itulah yang mengilhami cara dan gaya berpikir PUSKAPLING dan SDN 1 Tilote yang ada di Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Pada tahun ini, tepatnya pada tanggan 12 bulan Januari 2009, PUSKAPLING bersama SDN 1 Tilote telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU), tentang Kerja Sama Penerapan Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK).
Semangat dan itikad kedua belah pihak ini, membuktikan, bahwa wujud keberadaan PUSKAPLING adalah sebuah cermin LSM yang tidak hanya mahir dalam memainkan kritik terhadap kebijakan yang ada. Namun dihadapan pemerintah, posisi PUSKAPLING disamping sebagai lembaga sosial kontrol kebijakan Pemerintah, sekaligus menjadi bentuk keterwakilan peran masyarakat.
Bentuk keterwakilan itu, adalah suatu keterwakilan yang memiliki kemampuan peran dalam memberikan sentuhan konsep berpikir untuk maju dan berkembang. Dengan demikian, eksistensi PUSKAPLING tidak hanya menjadi lembaga sosial kontrol semata, melainkan sebagai mitra Pemerintah dalam meningkatkan sumber daya manusia.
Oleh karena itu, konsep berpikir ini, jelas merupakan relevansi dari sikap menuju suatu perubahan selangkah lebih maju. Yaitu suatu sikap pembentuk prilaku yang respect terhadap trend kondisi dinamika teknologi, informasi, dan komunikasi yang lagi berkembang. Inilah yang mewarnai semangat cara dan gaya berpikir pihak manajemen SDN 1 Tilote.
Manajemen SDN 1 Tilote dalam menyikapi trend kondisi dinamika teknologi, informasi, dan komunikasi yang lagi berkembang itu, telah membuka diri terhadap kehadiran PUSKAPLING. Kehadiran PUSKAPLING bagi SDN 1 Tilote, dipercayakan dan diharapkan dapat menggenjot sumber daya manusia dari para anak didiknya, khususnya dibidang penguasaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK).
Memperhatikan konsep berpikir dari PUSKAPLING dan prilaku manajemen SDN 1 Tilote yag senantiasa membuka diri itu, dapat disimpulkan inilah model kemitraan yang diharapkan dalam pendidikan. Karena hal itu merupakan nafas dari implementasi Pasal 8, 9, dan 10 sebagaimana diamanatkan dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas.
SADIK GANI, SE
Information and Communication Technologi
Memahami Teknologi informasi dan komunikasi, tidak hanya menyandarkan pada pengertian tiga suku kata di atas. Tetapi lebih dari itu harus dipahami lebih dalam, mengapa tiga suku kata itu harus dipadu menyadi satu kalimat yang tidak dapat dipisahkan dalam pembelajaran TIK. Itu mengartikan, bahwa tiga kata dasar itu, masing-masing memiliki nilai kekuatan dan pengaruh tersendiri dalam peradaban kehidupan manusia.
Beranjak dari pengertian-pengertian di atas, maka ICT atau TIK yang menjadi medan garapan ilmu pengetahuan dari ICT CLINIC di SDN 1 Tilote adalah; Teknologi Informasi dan Komunikasi, BUKAN “Informasi Komunikasi dan Teknologi“. Hal ini cukup beralasan, karena informasi komunikasi dan teknologi, pengertiannya adalah informasi tentang komunikasi dan informasi tentang teknologi. Dengan demikian informasi komunikasi dan teknologi, hanyalah terbatas pada pengetahuan saja, dan bukan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, sifat dari informasi komunikasi dan teknologi, mudah ditemui atau diperoleh, hanya dengan cukup nonton televisi, dengar radio, maupun baca koran saja.
Pada unsur kata Teknologi, Informasi, Komunikasi inilah, mengapa ICT Clinic harus dihadirkan ditengah-tengah para anak didik sekolah yang ada di SDN 1 Tilote. Dengan TIK ini, para anak didik akan diarahkan pada pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi yang berbudaya.
Pengenalan, penguasaan, dan pembentukan peradaban teknologi pada tingkat anak didik ini, dimaksudkan karena alasan dinamika dunia pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk menuju pada suatu jenjang peradaban dunia pendidikan dan kehidupan yang lebih baik, ICT SDN 1 Tilote telah memiliki “TAKTIK”. Artinya; Tidak Ada Kehidupan yang baik (peradaban), tanpa menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Muhajirin AHM
Jumat, 01 Mei 2009
NODA HITAM DIBALIK KEBERHASILAN UJIAN NASIONAL
Silabus Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sekolah Dasar
Berikut adalah silabus mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari penerbit Erlangga. Silahkan download.
Silabus TIK SD Berdasarkan KBK
Silabus TIK kelas 1 SD
Silabus TIK kelas 2 SD
Silabus TIK kelas 3 SD
Silabus TIK kelas 4 SD
Silabus TIK kelas 5 SD
Silabus TIK kelas 6 SD
Silabus TIK SD dengan standar KTSP
Silabus TIK kelas 1 SD
Silabus TIK kelas 2 SD
Silabus TIK Kelas 3 SD
Silabus TIK Kelas 4 SD
Silabus TIK Kelas 5 SD
RPP Kelas 4 SD
Download Prediksi Soal Ujian Akhir Nasional (UAN) SD di Internet
- Prediksi UAN 2008 Tingkat SD (Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam) - Download
- Soal TryOut UAN 2008 Tingkat SD - Download Try Out 1 - Download Try Out 2 (untuk mendownload caranya : klik kanan link download, lalu pilih Save Target As)
- Soal UAN Matematika dari Th. 1996 - 2000 dari blog SMP Negeri I Bilah Hulu - Download Soal Matematika Th. 1996 - Th. 1997 - Th. 1998 - Th. 1999 - Th. 2000 (untuk mendownload caranya : klik kanan link download, lalu pilih Save Target As)
Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersusah payah meng-upload file tersebut ke Internet. Semoga bermanfaat!
Belajar Bahasa Inggris Online
With the advance of information and technology, especially internet, the access to study English is open online widely. This is very helpful to develop our English competency. There are many internet sites providing English learning pages, and many of them are free of charges. Some sites that I collected from various sources.
Dengan kemajuan IT sekarang ini, terbuka dengan sangat lebar bagi kita untuk belajar bahasa Inggris secara on-line. Ini sangat membantu kita meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita. Terdapat banyak sekali situs situs yang menyediakan halaman-halaman pembelajaran bahasa Inggris, dan tidak sedikit diantaranya gratis.
silahkan klik link berikut ini :
ESL go Bell English Online English @ home English for Free ENGLISHonline.net Self-Study Quizzes for ESL Students (English Tests) ESL PartyLand–quiz center English Language Quizzes - UsingEnglish.com ESL test: English Grammar Tenses / Esl quiz Super Quiz Machine for ESL Students (English Test) ESL Quizzes,grammar quiz, ESL grammar quiz,Upper Intermediate … Irregular Verbs - Spelling Quiz E. L. Easton - English - Exercises, Quizzes, Tests English Grammar for ESL Learners Grammar Activities (Ohio ESL) ESL - English Exercises and Quizzes English Grammar: Present Continuous Tense Quiz EnglishClub.com) English as a Second Language - Tenses Quiz English Language Quizzes - UsingEnglish.com ESL test: English Grammar Tenses / Esl quiz Learn English English Exercises Online! (by Lilliam Hurst) O N L I N E E X E R C I S E S - Grammar English Grammar Exercises Business English Lessons English Exercise - English Exercises E. L. Easton - English - Exercises, Quizzes, Tests
Tenses Quiz From English Page dot com
- Verb Tense Exercise 1 Simple Present and Present Continuous
- Verb Tense Exercise 2 Simple Present and Present Continuous
- Verb Tense Exercise 3 Simple Past and Past Continuous
- Verb Tense Exercise 4 Simple Past and Past Continuous
- Verb Tense Exercise 5 Simple Past and Present Perfect
- Verb Tense Exercise 6 Simple Past and Present Perfect
- Verb Tense Exercise 7 Present Perfect and Present Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 8 Present Perfect and Present Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 9 Present Continuous and Present Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 10 Present Continuous and Present Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 11 Simple Past and Past Perfect
- Verb Tense Exercise 12 Simple Past, Present Perfect, and Past Perfect
- Verb Tense Exercise 13 Past Perfect and Past Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 14 Present Perfect, Past Perfect, Present Perfect Continuous,
- Verb Tense Exercise 15 Tenses with durations
- Verb Tense Exercise 16 Present and Past Tenses with Non-Continuous Verbs
- Verb Tense Exercise 17 Present and Past Tense Review
- Verb Tense Exercise 18 Will and Be Going to
- Verb Tense Exercise 19 Will and Be Going to
- Verb Tense Exercise 20 Will and Be Going to
- Verb Tense Exercise 21 Simple Present and Simple Future
- Verb Tense Exercise 22 Simple Present and Simple Future
- Verb Tense Exercise 23 Simple Future and Future Continuous
- Verb Tense Exercise 24 Simple Present, Simple Future, Present Continuous, and Future Continuous
- Verb Tense Exercise 25 Future Perfect and Future Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 26 Future Perfect and Future Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 27 Future Perfect and Future Perfect Continuous
- Verb Tense Exercise 28 Future Perfect and Future Perfect Continuous
- Verb Tense Final Test Cumulative Verb Tense Review
- Verb Tense Practice Test Cumulative Verb Tense Review
- Verb Tense Exercise 1
- Verb Tense Exercise 2
- Verb Tense Exercise 3
- Verb Tense Exercise 4
- Verb Tense Exercise 5
- Verb Tense Exercise 6
- Verb Tense Exercise 7
- Verb Tense Exercise 8
- Verb Tense Exercise 9
- Verb Tense Exercise 10
- Verb Tense Exercise 11
- Verb Tense Exercise 12
- Verb Tense Exercise 13
- Verb Tense Exercise 14
- Verb Tense Exercise 15
- Verb Tense Exercise 16
- Verb Tense Exercise 17
- Verb Tense Exercise 18
- Verb Tense Exercise 19
- Verb Tense Exercise 20
- Verb Tense Exercise 21
- Verb Tense Exercise 22
- Verb Tense Exercise 23
- Verb Tense Exercise 24
- Verb Tense Exercise 25
- Verb Tense Exercise 26
- Verb Tense Exercise 27
- Verb Tense Exercise 28
- Verb Tense Final Test
- Verb Tense Practice Test
Posted in Belajar B Inggris | Tagged belajar bahasa inggris online |
Open Source Popular:
Most Read Article
Dell Give Away Program Hacking How to Install Linux How to Promote Linux IT Events Jual CD/DVD Linux Murah Jual Distro Linux Murah Komersial Komunitas Linux Laptop Linux Linux Books Linux Events Linux International Linux Magazine Linux News Linux Tips and Tricks New Project Notebook Open Source Application Review Pengumuman dari Toko Linux Promosi Linux Referensi Review Rilis Distro Sabayon Software Tips Tips Merawat Laptop/Notebook/Komputer Tutorial Linux Ubuntu Video Tutorial Wallpaper of the Day Wawancara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar